Kursus Penyiar Bandung

Syarat Jadi Penyiar Radio

Syarat Jadi Penyiar Radio
Syarat utama menjadi Penyiar Radio (Radio Host, Radio DJ, Presenter Radio, Radio Announcer) adalah bukan tunawicara.

Tentu saja.... karena tugas utama penyiar adalah berbicara di depan mikrofon, di ruang siaran, mengantarkan lagu-lagu, menyampaikan informasi, memandu acara (program siaran), ngobrol dan tegur-sapa dengan pendengar, dan sebagainya.

Syarat menjadi penyiar radio dikaitan dengan dunia broadcasting dan tugas-tugas kepenyiaran adalah sebagai berikut:

  1. Suka dengerin radio. Bagaimana mungkin seorang penyiar radio tapi gak suka dengerin siaran radio?
  2. Suka musik. Suka dengerin lagu. Pasalnya, radio identik dengan musik. Radio adalah gudangnya lagu, gratis lagi! Selain itu, kita bisa milih lagu favorit via request pendengar.
  3. Punya suara bagus. Ini relatif. Suara bagus penyiar itu dibentuk dengan teknik vokal, format siaran, dan peralatan di ruang siaran. Suara bagus penyiar dikenal dengan istilah Golden Voice, suara emas.
  4. Wawasan Luas. Suka baca dan update informasi terkini. Wawasan luas akan menjadikan penyiar dalam siarannya "kaya info", tidak asal cuap, atau cuma baca sms, tweets, dan terima telepon. 
  5. Lancar Berbicara. Suka ngomong atau berani tampil berbicara di depan umum alias terampil Public Speaking karena penyiar radio hakikatnya berbicara kepada orang banyak.

Syarat Jadi Penyiar Radio Lengkap

  1. Speaking – Berbicara (komunikasi lisan) untuk menyampaikan informasi secara efektif.
  2. Active Listening – Bisa menjadi pendengar yang baik dan aktif, memberikan perhatian penuh kepada perkataan pendengar, mampu bertanya efektif, prooorsional, dan bijak, dan mampu menahan diri untuk interupsi atau memotong pembicaraan.
  3. Reading Comprehension – Memahami naskah siaran, naskah informasi, atau kalimat tertulis dan paragraf demi paragraf.
  4. Critical Thinking – Mampu berpikir kritis, logis, argumentatif, mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan solusi alternatif, mampu menyimpulkan atau melakukan pendekatan terhadap suatu masaalah.
  5. Social Perceptiveness – Being aware of others’ reactions and understanding why they react as they do.
  6. Time Management – Managing one’s own time and the time of others.
  7. Writing – Communicating effectively in writing as appropriate for the needs of the audience.
  8. Judgment and Decision Making – Considering the relative costs and benefits of potential actions to choose the most appropriate one.
  9. Coordination – Adjusting actions in relation to others’ actions.
  10. Active Learning – Understanding the implications of new information for both current and future problem-solving and decision-making.
  11. Complex Problem Solving – Identifying complex problems and reviewing related information to develop and evaluate options and implement solutions.
  12. Monitoring – Monitoring/Assessing performance of yourself, other individuals, or organizations to make improvements or take corrective action.
  13. Persuasion – Persuading others to change their minds or behavior.
  14. Negotiation – Bringing others together and trying to reconcile differences.
  15. Service Orientation – Actively looking for ways to help people.
Nah lho... banyak banget 'kan syarat jadi penyiar radio? Bagaimana memiliki semua itu? Hanya ada satu cara: Ikut Kursus Penyiar Radio. Semua syarat jadi penyiar di atas akan terpenuhi jika ikutan kursus. Jamin!

0 comments

Post a Comment